Ditjen Bina Bangda Kemendagri Dampingi Menko Marves Tinjau TPST di Denpasar

Posted on
banner 336x280

Denpasar – Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) turut serta mengikuti kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) TPST Kesiman Kertalangu di Kota Denpasar guna meninjau progres pelaksanaan program percepatan penanganan sampah, Kamis (9/3/2023).

Kunjungan lapangan ini dalam rangka meninjau langsung ketiga TPST yaitu TPST Kesiman Kertalangu, TPST Taman Hutan Raya (Tahura), dan TPST Padangsambian Kaja. Dikarenakan, TPST tersebut mendapat perhatian penuh karena akan menjadi salah satu percontohan untuk pembangunan 52 TPST di berbagai kota yang akan menjadi tempat destinasi wisata di Indonesia. Sehingga, pengelolaan persampahan di tempat destinasi wisata tersebut dapat langsung diolah menjadi pupuk, kompos, pellet, bahan bakar dll (refused-derived fuel/RDF).

banner 468x60

‚ÄúPembangunan TPST ini diharapkan akan mengelola sampah secara langsung dengan menerapkan paradigma baru dengan menggunakan 3R (reduce-reuse-recycle) dalam pengelolaan persampahan sehingga, dapat mengurangi sampah yang masuk ke laut yang nantinya mikro plastik akan berkurang,” ujar Luhut

Tiga TPST ini ditargetkan beroperasi penuh pada Juni 2023 yang memiliki total kapasitas mengolah 1.020 ton per hari. Dengan rincian sebagai berikut, TPST Kesiman Kertalangu 450 ton sampah per hari, TPST Taman Hutan Raya 450 ton, dan TPST Padangsambian Kaja 120 ton. TPST Kesiman Kertalangu sejauh ini telah beroperasi sekitar 60 persen sampai dengan 70 persen.

Selain tiga TPST tersebut, terdapat TPST di Badung yang mampu mengolah 350 ton sampah per hari yaitu TPA Suwung dengan luas 32 ha yang saat ini merupakan salah satu tempat penampungan terbesar (1.200 ton/hari) di Bali dan telah beroperasi sejak 1980-an. TPA ini akan ditutup total pada tahun ini dikarenakan sudah melebihi kapasitas.

Kunjungan lapangan ini dihadiri oleh Perwakilan dari Bappenas, Kementerian PUPR, Kemendagri, Gubernur Bali, Walikota Denpasar, Bupati Badung, Kadis LH Kota Denpasar, Kadis PU Kota Denpasar.

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *