75 Paskibraka Konawe Selatan, Siap Ikuti Pelatihan Jelang Perayaan HUT RI ke-79

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Konawe Selatan, Muh Taufiq Amin Lar.

SULTRALIVE.COM, KONAWE SELATAN – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) telah melakukan seleksi bagi siswa siswi SMA sederajat untuk pasukan pengibar bendera merah putih di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 79 Tanggal 17 Agustus 2024.

Sebanyak 75 Siswa Siswa yang terdiri dari 36 Putra dan 39 Putri dari pelajar SMA, SMK, Madrasyah Aliyah Negeri maupun swasta se Konawe Selatan. Ke 75 pasukan pengibar bendera merah putih di puncak HUT RI ini akan dilatih oleh pendamping dari TNI mulai tanggal 2 – 18 Agustus 2024.

“Kami sudah melakukan seleksi untuk pasukan pengibar bendera merah putih di HUT Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2024. Dari 108 peserta yang mendaftar, 75 terseleksi dan akan mengikuti pelatihan dari pendamping dan pelatih anggota TNI,”ujar Kepala Badan Kesbangpol Konsel Muh Taufiq Amin Lar kepada sejumlah awak media di ruang kerjanya, Rabu, (10/07/2024).

BACA JUGA :  Masuki Tahap III, 10 Nama Calon Anggota KPAD Konsel Diumumkan Timsel

Menurut Taufiq, kesiapan peringatan detik detik Prokmalasi HUT Kemerdekaan RI ke 79 Tahun 2024 telah disiapkan sejak bulan maret 2024 lalu, yakni melakukan seleksi di tingkat sekolah oleh Badan Kesbangpol bersama alumni Paskibra atau purna Paskibra.

“Untuk pasukan Pengibar Bendera HUT RI ke 79 Tahun 2024 telah diterbitkan Surat Keputusan (SK) oleh Bupati Konawe Selatan. Ke 75 siswa siswi Paskibraka tersebut akan di asramakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Lainea di Punggaluku dari tanggal 2 – 18 Agustus 2024,”terangnya.

Mantan Kabag Humas Sekretariat Konsel ini mengaku, 75 pasukan pengibar bendera merah putih yang akan melaksanakan latihan, mulai dari kedisiplinan, baris berbaris dan lainya bakal didampingi purna paski dan juga pelatih dari TNI Angkatan Darat.

“Semua kebutuhan paskan pengibar bendera merah putih. Mulai dari pakaian, makan minum, termasuk izin dari orang tua peserta telah siap dan tidak ada pungutan apapun,”tegasnya.

BACA JUGA :  Resmi Terima Rekomendasi DPP Partai Nasdem, AJP Siap Tarung di Pilkada Konsel

Mantan Camat Lainea dan Kolono ini juga menambahkan, dalam rekrutan dan seleksi untuk paskibraka tahun 2024 atau yang akan bertugas menaikkan dan menurunkan bendera merah putih di HUT RI di lapangan upacara Pemda Konsel, tidak ada yang di spesialkan.

“Semua sekolah menengah atas sederajat di Konsel telah mewakilkan siswa dan siswimya untuk bertugas menaikkan dan menaikkan bendera merah putih. Bahkan dari SMA di Kecamatan Laonti mewakilkan tiga peserta. Termasuk untuk pembawa baki bendera merah putih yang akan dikibarkan, akan ditunjuk setelah melakukan pelatihan oleh pelatih,”tandasnya.

Penulis: Akbar
error: Content is protected !!