Kajian Antar Daerah, Komisi I DPRD konsel Kunjungi Desa Gudangkahuripan

SULTRALIVE.COM, KONAWE SELATAN – Komisi I DPRD Konawe Selatan melakukan Kajian Antar Daerah (KAD) di Desa Gudangkahuripan Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. KAD kali ini Terkait Strategi Pengembangan Desa Wisata Gudangkahuripan, yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I Budi Sumantri.

Dalam Kesempatan tersebut, Budi Sumantri menjelaskan beberapa Maksud dan Tujuan KAD ini, bahwa Anggota DPRD Konawe Selatan membutuhkan beberapa Referensi dari Wisata yang ada di Gudangkahuripan ini.

“Dan bagaimana Strategi Pengelolaan Wisata yang ada di Gudangkahuripan khususnya. Kami memilih Desa Gudangkahuripan Kecamatan Lembang ini menjadi titik Referensi kami untuk Pengembangan Wisata di Konawe Selatan nantinya. Serta dari KAD ini kami berharap bisa mendapatkan Informasi yang baik dari pengembangan Wisata di Desa Gudangkahuripan ini yang sudah dikenal baik masyarakat jawa barat khususnya maupun di luar daerah,”ungkapnya Politisi Golkar ini, Selasa, (26/03/2024).

BACA JUGA :  Setelah Resmi Dikukuhkan,PWI Konsel Serahkan Salinan SK ke Kesbangpol

KAD ini diterima langsung oleh Camat Lembang Drs. H. Slamet Nugraha, Kepala Desa Agus Karyana, ST, Sekretaris Desa Agus Yuhana beserta perangkat Desa Gudangkahuripan lainnya.

Kemudian, Kepala Desa Gudangkahuripan menjelaskan bahwa Desa ini dapat membawa inovasi yang baik, lahir dari Desa Pemekaran Cikupang sebagai Lintasan Pariwisata dan juga dapat menambah PAD.

“Pemerintah Desa tidak mempersulit Investor-investor yang masuk didesa ini. Salah satu contohnya kami membantu izin membangun hotel atau tempat wisata. Kami selalu fasilitasi mereka dan selain itu juga ada perjanjian-perjanjian yang diberikan.

“Disini itu mulai dari tukang parkir, tukang bersih-bersih sampai pelaku usaha itu dari Desa Gudangkahuripan, dengan adanya Wisata Gudangkahuripan ini bisa membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat,”terangnya.

Selanjutnya, penjelasan diteruskan oleh Camat Lembang yaitu untuk memperkenalkan Wisata yang ada didesa Gudangkahuripan kami sudah bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan juga di Media Sosial.

BACA JUGA :  Tahun Ini, Smelter dan Pabrik Kelapa Sawit Bakal di Bangun di Konsel

Pengunjung ramai itu pas dihari Raya dan hari-hari libur lainnya banyak yang berdatangan dari luar daerah seperti Jakarta, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi bahkan ada dari luar negeri.

“Kami memberikan harapan bahwa desa ini bisa memberikan kehidupan yang baik, pedagang-pedagang UMKM juga banyak kami fasilitasi dan tidak bosan memberikan inovasi-inovasi baru biar masyarakat tidak bosan atau jenuh”.

Dan perlu diketahui Desa Gudangkahuripan secara geografis memiliki luas wilayah 254,741 Ha dengan luas Pemukiman 101,321 Ha.

Beberapa Tempat Wisata di Desa Gudang Kahuripan Kecamatan Lembang Jawa Barat yang dikunjungi langsung Komisi I DPRD Konawe Selatan diantaranya THE GREAT ASIA, MINI MANIA, FARM HOUSE dan CIMORY.

Penulis: Redaksi
error: Content is protected !!