Tingkatkan Kualitas Hasil Penelitian, Brida Konawe Selatan Gelar Sosialisasi Hasil Riset

Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Konawe Selatan, Hj Marwiyah Tombili, SE.,M.Sc membuka kegiatan Sosialisasi Hasil Riset Brida Konawe Selatan. Jum'at (05/07/2024).

SULTRALIVE.COM, KONAWE SELATAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Konawe Selatan menggelar Sosialisasi Hasil Riset atau Penelitian Lingkup Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan. Bertempat disalah satu Hotel di Kendari. Jum’at (05/07/2024).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Brida Konawe Selatan, Hj Marwiyah Tombili, SE.,M.Sc yang juga dihadiri Sekretaris Badan dan menghadirkan Narasumber dari Universitas Haluoleo (UHO).

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas hasil penelitian serta mensosialisasikan hasil-hasil penelitian dengan Menyebarluaskan produk-produk kelitbangan guna memperoleh masukan dari pihak terkait (Stakeholders).

Kepala Brida Konawe Selatan, Hj Marwiyah dalam sambutannya mengatakan, melalui kegiatan sosialisasi ini kita memiliki pemahaman dan presepsi bersama untuk terus bergerak demi melakukan Riset dan Inovasi dalam rangka meningkatkan daya saing daerah.

BACA JUGA :  KPU Sultra Minta KPU Konsel Data Resiko Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

Melalui riset dan inovasi dapat membantu dalam pelaksanaan tujuan otonomi daerah yaitu meningkatkan pelayanan publik, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan daya saing daerah. Untuk itu, sambungnya, bagi kita pemerintah daerah untuk melakukan riset dan berinovasi dalam capaian sasaran otonomi daerah.

“Tujuan dari riset yaitu untuk peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, perbaikan tata kelola pemerintahan daerah, pemberdayaan masyarakat dan untuk meningkatkan daya saing serta kesejahteraan masyarakat,” terang Marwiyah.

Sosialisasi hasil riset ini, lanjutnya, sebagai bentuk kegiatan penyebaran informasi, perpaduan atau hasil penelitian kepada penguna dalam hal ini pemerintah daerah, pelaku usaha dan masyarakat.

“Kegiatan sosialisasi memiliki peran penting dalam memperluas pengetahuan dari hasil riset sehingga memungkinkan penemuan ide ide kreatif. Sehingga dapat dikombinasikan dengan hasil kebijakan yang dapat digunakan dalam mengatasi kemiskinan, kesehatan dan lainnya,”jelasnya

BACA JUGA :  Wujudkan Data Pemilih Inklusif, 835 Pantarlih Mulai Lakukan Pencoklitan

Ada 3 hasil penelitian yang akan di bawakan narasumber pada kegiatan ini yaitu, Kajian Evaluasi Pengelolaan Barang Milik Daerah Kabupaten Konawe Selatan, Kajian Evaluasi Pemenuhan Indikator Kinerja Organisasi Perangkat Daerah terhadap RPJMD dan Analisis Tingkat Literasi Digital di Kabupaten Konawe Selatan.

“Hasil penelitian ini merupakan produk kelitbangan diharapkan dapat lebih ditingkatkan dan dipublikasikan agar dapat digunakan oleh pengguna,” Tutupnya

Diketahui, Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri 50 orang peserta dari perwakilan masing-masing OPD, Pejabat dan Staf.

Penulis: Akbar
error: Content is protected !!