PWI Konsel Periode 2023-2026 Resmi Dikukuhkan

Sultralive.com, Konawe Selatan -Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga dan Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo hadiri pengukuhan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Konsel periode 2023-2026, di salah satu Hotel di Konsel, Senin September 2023 malam.

Pengurus PWI Konsel dikukuhkan secara langsung oleh Ketua PWI Sultra Sarjono. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Konsel Surunuddin Dangga, Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, Ketua Koni Konsel Adi Jaya Putra, beserta OPD Konsel dan para pewarta lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Konsel menyampaikan, bahwa jurnalis merupakan mitra strategis pemerintah daerah (Pemda).

Para jurnalis yang tergabung dalam kepengurusan PWI Konsel ini adalah rekan kerja yang membantu pemerintah dalam membangun daerah Konsel yang berbasis ekonomi.

“Saya bukan anti kritik, saya senang program saya dibedah untuk progres Konawe Selatan mendatang lebih baik,” kata Bupati Konsel.

BACA JUGA :  Mengenal Sosok 'KINIKU' Maskot Pilkada Konsel 2024

“Kepada Ketua PWI, sesungguhnya kita ini saling membutuhkan. Sebenarnya kita ini adalah mitra strategis,” sambungnya.

Di era digitalisasi peran media sangat besar. Sebabnya Bupati Konsel dua periode itu, mengajak PWI Konsel untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam hal-hal yang positif.

“Pemerintah pusat mendorong daerah untuk selalu melakukan inovasi untuk kepentingan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Sultra Sarjono menyampaikan tujuan terpenting PWI Konsel ini terbentuk untuk mendorong iklim informasi yang sehat dan baik untuk masyarakat Konawe Selatan.

Ia juga mengatakan, PWI Konsel mesti membangun kolaborasi bersama pihak manapun, baik stakeholder, maupun masyarakat.

“PWI harus bisa mewadahi aspirasi teman-teman, tidak hanya pada pemerintah atau DPRD tapi juga menjalin komunikasi baik dengan masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Serius Tangani Stunting, Bupati Surunuddin Berikan Makanan Tambahan di Desa Amoito

Menurut Sarjono, tantangan profesi wartawan adalah membantu memberikan informasi yang valid dan masyarakat lebih mempercayai media mainstream ketimbang informasi yang ada di sosial media.

“Tantangan kita bagaimana, kebenaran informasi yang diterima oleh masyarakat. Kita berharap dengan hadirnya organisasi PWI Konsel, bisa meningkatkan kapasitas wartawannya. Jika anda menemukan berita itu di media maka itulah yang benar, bukan kemudian lebih mempercayai sebaran informasi melaui sosial media,” pungkasnya.

Penulis: Akbar
error: Content is protected !!